Tips Membuat Martabak Lezat Maknyuzzzz

Berikut beberapa tips dan trik untuk menghasilkan martabak yang maknyuzzz :
  • Untuk membuat marrtabak manis, gunakan tepung terigu dengan kadar protein rendah. Hal ini agar adonan lebih mudah menyatu dan mengental sehingga hasil martabaknya lebih lebih lembut. Sementara itu, untuk membuat martabak gurih, gunakan tepung terigu dengan kadar protein tinggi. Hal ini karena kulit martabak gurih harus ditipiskan agar berbentuk selaput. Jika menggunakan tepung terigu dengan kadar protein rendah, kulit martabak akan lebih mudah robek. Oleh karena itu, jangan pernah mencampur kedua jenis tepung terigu tersebut karena nanti hasilnya akan tidak sempurna.
  • Gunakan kompor sesuai dengan diameter Loyang, sumber panas yang rata, serta api sedang dan stabil.
  • Untuk membuat adonan kulit martabak gurih adalah dengan mengaduk semua resep bahan menjadi satu adonan yang kalis dan elastis. Lama pengadukan harus pas, tidak boleh terlalu lama atau terlalu cepat.hingga adonan menjadi lembut, tidak lengket di tangan atau kalis.
  • Gunakan pan/Loyang dalam kondisi panas medium. Ketika membuat martabak manis, dapat dites dengan menggunakan sebutir gula pasir. Jika gula pasir langsung meleleh dan tidak berwarna cokelat, berarti pan/ Loyang sudah dalam kondisi panas medium dan siap digunakan.
  • Untuk membuat martabak manis, wajib menggunakan baking soda untuk menghasilkan pori- pori dan mengembangkan martabak.
  • Jangan mendiamkan martabak manis berisi buah durian dan pisang lebih dari 3-4 jam. Hal ini dapat merubah rasa martabak itu sendiri.
  • Saat membuat martabak manis, adonan yang dihasilkan harus cair, halus, mengalir dengan kental. Tidak terputus dan tidak ada pori- pori udara pada adonan.


0 Response to "Tips Membuat Martabak Lezat Maknyuzzzz"

Post a Comment