Tips dan Trik Memasak Masakan Padang

Masakan Padang adalah salah satu masakan nusantara yang pastinya dapat kita temui di berbagai sudut di Indonesia. Namun tidak mudah untuk kita temui masakan padang yang benar- benar nikmat. Dibalik kenikmatanya, ada beberapa tips dan trik dalam pemilihan bahan dasar untuk masakan padang.

Berikut Beberapa Tips dan Trik Memasak Masakan Padang :

Tips Memilih Daging :



Daging Kambing
Tips memilih daging kambing:
  1. Pilih kmbing yang muda.
  2. Daging segar berwarna merah. 
  3. Tulang iga lembut.
  4. Jangan memilih daging yang sudah dibekukan dan berwarna putih. Karena daging itu sudah tidak segar lagi dan akan cepat hancur jika dimasak dengan santan.
  5. Jika sudah terlanjur membeli daging yang dibekukan, daging dapat direndam dengan air panas , agar es meleleh sampai ke pori-pori.
  6. Tips agar gulai daging kambing terasa empuk dan gurih.
  7. Ketika memasukkan daging kambing, santan harus dimasak dengan kental. Kekentalan santan bisa membuat daging terasa lebih empuk.
  8. Agar gulai kambing lebih gurih, campurkan sayur rebung 15 menit sebelum matang.
Daging Sapi
Tips memilih daging sapi:
  1. Daging segar berwarna merah.
  2. Pilih daging paha karena mengandung sedikit lemak. Sehingga untuk dibuat gulai, daging akan lebih empuk.
  3. Untuk membuat gulai, gunakan daging paha bagian dalam.
  4. Untuk membuat rendang dan dendeng, gunakan daging paha bagian luar. Daging paha bagian dalam akan cepat mengkerut ketika dimasak, sehingga hanya cocok dibuat gulai. Sedangkan paha bagian luar tidak mengkerut sehingga cocok untuk dibuat dendeng dan rendang.
  5. Jangan sesekali memilih daging dada, karena tipis dan cepat hancur ketika dimasak.
  6. Bisa juga saat akan menyimpan atau sebelum dimasak, daging dibungkus dengan jati.
Daging Ayam 
Tips memilih daging ayam:
  1. Jangan pilih daging ayam yang sudah tua, karena dagingnya liat. Tetapi pilihlah daging ayam yang muda karena lebih lunak.
  2. Jangan pilih daging ayam yang sudah dibekukkan, karena sudah tidak segar lagi.
  3. Jika membeli ayam yang masih hidup caranya adalah ayam dimatikkan terlebih dahulu. Ketika sudah mati, daging dicelupkan ke air panas, kemudian dicabuti bulunya dan dikuliti. Kulit jangan diikutsertakan karena mengandung lemak. Setelah itu celupkan daging ke dalam air panas.
Warning !!!
Untuk daging kambing, sapi, dan ayam. Jangan disimpan terlalu lama dalam lemari pendinginan karena kualitas daging menurun. Jika ingin disimpan maksimal penyimpanan 3 hari.

Ikan 
Tips memilih daging ikan:
  1. Pilih daging yang masih segar dengan ciri daging kerasa dan warna insang masih merah. Jangan memilih daging ikan yang sudah lembek, karena ketika dimasak akan cepat hancur.
  2. Khusus daging ikan, boleh memilih daging yang sudah dibekukkan, yang penting warna insangnya masih berwarna merah.
Tips agar bumbu meresap sempurna ke daging:
  1. Tumis daging kambing atau sapi agak lama sampai cairan darah keluar. Setelah itu tumis dengan bumbu halus. Masak sampai cairan tersisa sedikit. Ini emnandakan bumbu sudah terserap ke dalam pori-pori daging.
  2. Setelah itu, masukkan santan. Santan akan dengan mudah masuk ke dalam pori-pori daging yang sudah terbuka, karena darahnya sudah keluar saat ditumis.
Tips memillih bumbu:
  1. Pilih cabai merah atau hijau yang besar dan keriting.
  2. Pilih bumbu rempah yang belum diolah atau diracik jadi satu. Rasanya akan berbeda ketika kita mengolah sendiri bumbu rempahnya.
  3. Keunggulan masakkan padang terletak dari bumbu rempahnya (kayu manis, daun salam, daun jeruk purut, serai, lengkuas, jahe, dan kunyit).
Tips penyajian:
  1. Untuk mempercantik penampilan masakkan – seperti gulai tambahkan tomat 5 menit sebelum diangkat.
  2. Untuk memasak yang berkuah – seperti gulai gunakan tomat hijau. Karena tomat hijau mengandung sedikit air. Sehingga ketika dimasukkan  ke masakan berkuah, tomat tidak akan cepat hancur. Tomat yang terlalu hancur dalam masakkan berkuah akan membuat masakkan cepat basi.
  3. Untuk memasak yang tidak berkuah – lebih baik menggunakan tomat meraih yang banyak mengandung banyak air. Sehingga ketika dimasak, air dalam tomat akan mongering sendiri.

0 Response to "Tips dan Trik Memasak Masakan Padang"

Post a Comment