Mengenal Bahan dan Bumbu Untuk Masakan Korea

Masakan korea terbilang cukup populer di Indonesia. Berjalan seiring dengan maraknya K-POP, budaya dan kuliner dari korea ini terbilang mulus untuk menarik perhatian masyarakat indonesia khususnya para remaja. Namun dalam resep masakan korea kita akan menemui hampir kebanyakan bahan yang tidak kita ketahui. Oleh karena itu, Griya Maknyus memberikan beberapa nama resep yang sering dipakai dalam Masakan Korea.

Berikut bumbu masakan yang sering dipakai dalam masakan korea :
  1. Ang ciu (arak beras) adalah sejenis minuman beralkohol yang biasa disebut dengan arak merah. Bumbu ini biasa dipakai dalam masakan cina dan korea. Ang ciu banyak dijual di pasar tradisional pecinan dan supermarket. Bagi yang berpendapat haram tentang bumbu ini, bisa diganti soy sauce (saus penyedap rasa kedelai) ala jepang, biasanya bermerk Kikkoman yang tidak mengandung alcohol.
  2. Jamur shitake adalah sejenis jamur berbentuk payung berwarna cokelat kehitaman. Biasanya dijual kering atau basah di pasar pecinan atau supermarket. Aromanya hampir mendekati petai, tetapi bentuknya berbeda. Jika terpaksa menggantinya bisa diganti dengan petai atau jengkol.
  3. Gochujang (pasta kacang merah) bisa didapat di seupermarket dalam kemasan kaleng atau bisa dibuat sendiri dengan cara segenggam kacang merah direndam selama ±1 jam. Kemudian rebus dengan dua gelas air mendidih sampai kacang lunak dan air hampir mengering, lalu haluskan dengan blender atau chooper.
  4. Tofu (tahu jepang) biasanya dijual di supermarket dalam bentuk lonjong terbungkus plastic tebal dengan berbagai varian rasa, seperto tofu telor, ayam, udang, dan original. Kalau sulit mendapatkanya bisa diganti dengan tahu sutra yang halus.
  5. Kimchi adalah sejenis acar yang dibuat dari sawi putih atau lobak. Acar khas korea ini bisa didapat di supermarket.
  6. Mentimun jepang biasanya berwarna hijau tua, berbentuk lonjong kecil, dan hanya terdapat di beberapa supermarket tertentu. Bahan ini bisa diganti dengan mentimun biasa yang mudah didapatkan di pasar tradisional.
  7. Jamur enoki adalah sejenis jamur berbentuk panjang, kecil, dan berwarna putih. Bentuk dan rasanya menyerupai tauge/ kecambah, sehingga pemakainya bisa digantikan dengan kecambah.
  8. Kochukaru adalah nama korea dari bubuk cabai.
  9. Akar ginseng adalah akar tumbuhan ginseng yang terkenal sebagai tanaman khas korea. Ginseng adalah tanaman obat yang berasal dari korea. Fungsi ginseng pada umumnya adalah untuk meningkatkan stamina dan energy tubuh yang sedang capek. Jika sulit mendapatkanya, di toko jamu atau ke supermarket. Namun jika ginseng dihilangkan, akan sedikit mengubah cita rasa khas masakan korea, terutama yang berkenaan dengan sensasi segar dan hangatnya.
  10. Kochujang adalah sejenis pasta cabai ala korea yang pedasnya menyengat. Bahan ini bisa diganti saus sambal biasa.
  11. Dang Myun, sejenis bihun ala korea yang kenyal dan dapat diganti oleh bihun jagung.
  12. Minyak zaitun adalah sejenis minyak dari buah zaitun biasa banyak terdapat di supermarket. Namun jika tidak ada, tidak masalah jika tidak digunakan, karena tidak ada perubahan cita rasa yang berarti.
  13. Doraji (akar bellflower) adalah akar bunga terompet yang bisa digantikan dengan daun bayam.
  14. Gim (Nori) adalah rumput laut kering yang telah diproses menjadi lembaran dan siap dipasangkan dengan hidangan lainya. Sementara ini belum ada yang bisa menggantikan fungsi dan cita rasanya.

0 Response to "Mengenal Bahan dan Bumbu Untuk Masakan Korea"

Post a Comment